Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi Papua mendorong para jurnalis di daerah itu untuk lebih memperbanyak berita soal budaya dan agama.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty, di Jayapura, Jumat, mengatakan media merupakan bagian dari penyelenggaraan pemerintahan.

\"Orang Asli Papua hidup dalam kebudayaan, sehingga perlu ada optimalisasi dalam pemberitaan di bidang budaya,\" katanya.

Elia menjelaskan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua selalu mengajak media baik di Bumi Cenderawasih maupun daerah lain, agar dapat memberitahukan kepada masyarakat kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

\"Kami merasa bahwa pencitraan itu ada kalanya mesra dan ada kalanya sensitif, karena itu perlu cek serta ricek, sehingga berita-berita yang disampaikan menjadi pendidikan bagi masyarakat,\" ujarnya.

Dia menuturkan media di Papua kaya akan berita, sehingga diharapkan dapat lebih menggali kekhususan yang ada di Bumi Cenderawasih seperti budaya dan agama.

\"Kami paham, bicara soal media itu susah, isi berita dengan intensitasnya membuat pers harus memiliki persaingan yang kompetitif,\" katanya lagi.

Dia menambahkan dengan banyak pemberitaan mengenai agama dan khususnya budaya dapat menunjukkan kepada wilayah lain bahwa Papua memang memiliki keanekaragaman yang lebih bervariasi.

Sumber : http://papua.antaranews.com/