Pemerintah Provinsi Papua menyambut positif keberadaan Komisi Informasi (KI) di Bumi Cenderawasih yang memastikan aparatur sipil negara (ASN) untuk menjalankan pemerintahan secara transparan,


Hal demikian disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua Elia Loupatty, Rabu (7/12) saat menerima kunjungan kerja Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia, Evi Trisulo Dianasari, di Jayapura.


Asisten Loupatty hadir Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua Israil Ilolu dan Ketua Komisi Informasi Papua Petrus Yoram Mambai. Kehadiran KI ini sebenarnya menolong pemerintah daerah dengan aparatnya supaya menyelenggarakan pemerintahan secara hati-hati, transparan dan sesuai koridor perundang-undangan?.


Makanya, kita sangat mengapresiasi kehadirannya yang menurut undang-undang untuk mewujudkan keterbukaan informasi kepada publik di tanah ini,? terangnya kepada pers, Rabu (7/12).


Elia juga menyambut positif kunjungan Komisi Informasi Pusat ke Papua yang ingin melihat lebih dekat sejauh mana pelayanan publik yang dilakukan pemda setempat. ?Intinya kita senang dengan kunjungan ini supaya pelayanan publik lebih berhasil serta diketahui oleh publik, harapnya.


Sementara itu, Wakil Ketua KI Pusat Evi Trisulo mengatakan kunjungannya kepada berkaitan dengan rencana pemeringkatan yang dilakukan terhadap seluruh badan publik di Indonesia. Dimana, ia menilai Papua merupakan salah satu provinsi yang telah melaksanakan intrumen keterbukaan publik.


?Bagi kami di pusat, Provinsi Papua merupakan salah satu pemerintah daerah yang sudah memenuhi tahapan-tahapan dalam intrumen penilaian. Kita disini mengukur keterbukaan informasi publik, yang didalamnya ada beberapa tahap termasuk variabel-variabel yang telah disusun dan dinilai sejak April kemarin, ucap dia.


Dia menambahkan, penilaian dilakukan berdasarkan pasal 9 UU nomor 14 2008 tentang tanggungjawab pemerintah dalam memberikan infomasi kepada publik. Hanya saja, dalam penilaian, kita mesti melakukan kunjungan langsung ke lapangan untuk melihat lebih dekat.


Dan tentunya, kita sangat bangga karena Papua untuk pertama kali masuk nominasi hanya untuk hasilnya nanti kita akan lihat kedepan. Intinya semua akan diputuskan dalam laporan akhir yang nantinya juga akan dilaporkan kepada presiden, ucapnya.



Sumber : https://papua.go.id/