JAYAPURA ? Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Papua diminta lebih professional dalam menjalankan tupoksinya.

?Oleh karena itu, Satpol PP dituntut lebih profesional dalam menghadapi perkembangan keadaan dan tantangan secara global, serta menjadi aparat yang handal, mumpuni, kritis, cepat temu, cepat tindak, dan cepat tuntas, sehingga masalah ketenteraman dan ketertiban masyarakat tak sampai mengganggu stabilitas sosial, politik, dan ekonomi daerah,? ujar Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Sosial dan Ekonomi Provinsi Papua Rosina Upessy, SH, ketika membuka Kegiatan Pelatihan Dasar Bagi Tenaga Pengamanan Satpol PP Provinsi Papua di Balai Latihan Koperasi, Jalan Angkasa Indah, Kota Jayapura, Selasa (2/8).

Gubenur mengatakan, selaku tenaga kontraktual pegawai pembantu pemerintah, Satpol PP diminta menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

Dalam pembagian tugas dan kewenangan masih banyak yang harus diisi oleh Pegawai Non PNS sebagai mitra Polri, sehingga ini sangat penting bagi Satpol PP karena menjalankan fungsi-fungsi organisasi kepolisian.

Terkait dengan kegiatan pelatihan dasar bagi anggota Satpol PP Provinsi Papua, ujar Gubernur, keberadaan Satpol PP sebagai aparatur pemerintah daerah sesuai UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Tugas utamanya melaksanakan penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlidungan masyarakat.

?Saya mengharapkan hal ini semakin mendorong pemerintah yang lebih dekat dengan rakyat, dan lebih meningkatkan pelayanan umum,? tandasnya.

Gubernur mengatakan, aparat Satpol PP sebagai bagian integral dan aparat pemerintahan daerah, harus senantiasa menjunjung tinggi disiplin, ketegasan dan memiliki pola pikir yang baik, selalu memelihara korsa dengan tetap memperhatikan rambu-rambu HAM.

?Mengingat Satpol PP sebagai salah-satu unsur penegak hukum harus menghormati dan melindungi martabat manusia, mempertahankan dan menegakan HAM untuk setiap warga negara,? tutur Gubernur.

Apalagi kini masalah keamanan, ketenteraman dan ketertiban menjadi isu yang makin penting dalam kehidupan berbangsa.

Karenanya, terangnya, pihaknya mengharapkan Satpol PP Provinsi Papua meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, dengan memperhatikan masalah pembinaan personil, penyediaan pembiayaan, pemenuhan sarana dan sarana prasarana. (mdc/tis)

SUMBER : BINTANG PAPUA