PALU ? Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjabarkan sejumlah hal yang harus dilakukan Satpol PP dan Linmas saat bertugas. Ia menyampaikan itu hadapan ratusan anggota Satpol PP di seluruh Indonesia saat melangsungkan HUT Satpol PP ke 66 di Kantor Pemprov Sulteng, Palu.

?Tugas Satpol PP, termaksud Linmas adalah melayani masyarakat,? kata Tjahjo membuka pidato sambutannya, Kamis (3/3).

Sebagai penegak peraturan daerah, para petugas ini juga harus menjaga ketertiban masyarakat, namun tetap mengayomi mereka. Indonesia, kata Tjahjo adalah negara yang besar. Sebelum menjalankan tugasnya, para Satpol PP harus lebih dulu memahami kondisi kultur di daerah.

Dengan begitu, dapat memberikan rasa nyaman dan tentram kepada masyarakat. Mendagri menyarankan agar mereka bisa bertugas dengan murah senyum saat memberikan pemahaman ke warga soal peraturan dan undang-undang agar tidak menimbulkan stigma buruk publik.

?Namun Satpol PP harus berani tentukan sikap, siapa lawan dan siapa kawan,? ujar dia.

Alasan Mendagri menyelenggarakan HUT Satpol PP di Palu, ujar dia adalah karena adanya potensi radikalisme dan terorisme. Satpol PP diminta ikutserta mendukung perjuangan TNI/Polri dalam membasmi gerakan tersebut, caranya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

Tjahjo menekankan agar Satpol PP bisa berkordinasi dengan kepolisian dan TNI dalam upaya menyelesaikan suatu masalah. Sebab akan sulit bila harus dikerjakan sendiri. Itu sudah menjadi peranan forum kordinasi pimpinan daerah (Forkompinda) di masing-masing wilayah.

?Bukan hanya di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Tapi hingga ke kecamatan. Libatkan polsek, koramil, para tokoh adat, agama dan masyarakat setempat,? kata dia.

sumber : Puspen Kemendagri